ROMANTIC LASKAR PELANGI BELITUNG TOUR

03.23 / Diposkan oleh A.S. Tulus /











ROMANTIC LASKAR PELANGI STORY AT BITUNG ISLAND TOUR

Tour Itinerary, 28-30 Mei 2010


Apa yang ada di benak mereka yang telah berkungjung ke Pulau Belitung? Pulau indah, pemandangan unik pantai pasir putih asli dihiasi batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal, dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil. Sedangkan mengenai “Laskar Pelangi”, bagi anda yang belum familiar, Laskar Pelangi adalah sebuah novel best seller Karya Andrea Hirata yang saat ini sudah terjual lebih dari 500.000 eksemplar sejak terbit tahun 2004. Novel ini berkisah tentang semangat dan perjuangan seorang guru dan 10 murid SD Muhammadiyah di kampung Gantong, Belitong Timur untuk menimba ilmu pengetahuan di sebuah sekolah miskin yang hampir ditutup karena kekurangan murid. Keindahan novel ini kemudian menjadi inspirasi bagi Mira Lesmana dan Riri Riza untuk menjadikannya sebuah film yang pemutaran perdananya dilakukan pada tanggal 25 September 2008. Film ini mendapat sambutan luas dari masyarakat dan berhasil membawa pesan yang sangat mulia, yaitu semangat untuk mendapatkan pendidikan.


Berikut itinerary tour yang ditawarkan oleh RAJAPIKNIKTour bekerjasama dengan Tour Organizer BelitungIsland :


Hari-1 (Jum’at, 28 Mei 2010) Makan Siang, Malam

Berangkat dari Jakarta, berkumpul di Bandara Soekarno Hatta untuk penerbangan pagi jam 06.30 menggunakan Sriwijaya Air. Setelah tiba di Bandara Hananjoeddin Tanjungpandan Belitong, hari pertama adalah hari Laskar Pelangi. Tapi sebelum berangkat singgah di restoran makanan khas yaitu Mie Belitong. Restoran ini terletak di pasar pusat kota Tanjungpandan. Anda bisa menikmati sarapan mie Belitong (sejenis mie kuah kari udang), terutama untuk anda yang datang dengan pesawat pagi. Program mie Belitong ini tidak termasuk dalam paket kami, harga mie sekitar Rp 10.000 per porsi. Anda juga bisa menggunakan waktu singgah ini untuk membeli keperluan di supermarket di depan restoran. Dari sini baru kita check-in ke hotel, dilanjutkan dengan trip ke Gantung (Gantong menurut dialek setempat). Di pertengahan perjalanan kita akan melawati gunung Genting Apit dengan tanjakan terjal dan panjang serta menikung, yaitu salah satu tempat yang dikisahkan sebagai tempat berbau mistis di Laskar Pelangi. Bangunan SD Muhammadiyah sudah tidak bisa disaksikan lagi, kecuali bangunan reklamasi SD Muhammadiyah yang pernah digunakan selama syuting film belum dibongkar. Kita juga akan melewati pasar sederhana di Gantong yang dijadikan tempat pertunjukan karnaval pada film Laskar Pelangi. Tempat yang cukup menarik untuk anda berhenti dan melepas lelah sejenak adalah Pice, sebuah bendungan besar peninggalan Belanda di sungai Linggang yang membelah desa Gantong. Dari Gantong kita akan menempuh perjalanan berjarak 20km ke utara melintasi lereng Gunong Selumar menuju kota Manggar, ibukota Kabupaten Belitung Timur. Manggar berukuran jauh lebih besar dari Gantong dan kita akan langsung menuju Gunong Samak (Bukit Samak) untuk santap siang. Restoran tempat anda bersantap siang terletak di puncak bukit dan dari sini anda bisa melihat pantai dan laut luas di kaki Gunong Samak, indah sekali. Perjalanan selanjutnya kita lanjutkan ke Pantai Serdang, masih di dalam kota Manggar. Pantai ini berpasir putih dengan bidang pantai yang lebar dan cendrung landai. Keunikan tempat ini adalah perahu-perahu nelayan kecil berjenis Perahu Layar Katir dengan lengan bambu di kedua sisinya. Perahu ini di cat warna-warni sehingga terlihat mencolok dan diparkir di atas tanah di belakang pantai, tidak di air. Kita tinggalkan kota Manggar dan perjalanan kita selanjutnya adalah berkunjung ke Vihara Dewi Kwan Im di desa Pantai Burung Mandi. Vihara ini merupakan tempat ibadah umat Kong Hu Chu terbesar di Belitung. Tidak jauh dari vihara, terdapat pantai wisata Burong Mandi dan Bukit Batu. Perjalanan ke pantai Burung Mandi dan Bukit Batu ini mengakhiri tour hari kedua kita. Dari tempat ini kita akan menghabiskan waktu 1.5 jam perjalanan menuju hotel.


Hari-2 (Sabtu, 29 Mei 2010) Makan Pagi, Siang, Malam

Tujuan hari ini adalah Tanjung Kelayang , pantai yang terkenal di Belitong. Lokasi paling menarik adalah pemandangan di ujung semenanjung Tanjung Kelayang. Anda sebaiknya naik ke atas batu tertinggi sehingga view dan lokasi sekitar Tanjung Kelayang bisa anda nikmati dalam range 360 derajat. Tanjung Kelayang dikelilingi oleh 3 pulau-pulau kecil dan satu buah pulau batu granit yang terkenal yang penduduk sekitar menyebutnya dengan baru Garuda. Percayalah, anda akan terpesona dan tidak sabar untuk segera menceburkan diri ke air. Kebanyakan pengunjung menghabiskan waktu beberapa jam sampai merasa lapar. Jadi, pastikan anda membawa pakaian ganti, karena anda harus membersihkan badan dari air laut dan mengganti pakaian sebelum menikmati makan siang. Kami menyediakan makan siang di restoran makanan laut tradisional yang terletak di bibir pantai. Meskipun ini bukan restoran yang representatif, makanan yang disajikan bersih dan anda akan sangat menyukai kesegaran rasanya. Kami akan menyiapkan menu favorit anda sebagai bagian dari paket tour. Dari Tanjung kelayang, kita akan berkunjung ke pulau Lengkuas. Kami sudah menyediakan perahu nelayan untuk anda. Ini akan menjadi perjalanan menarik menuju pulau Lengkuas yang berjarak sekitar 40 menit perjalanan dari Tanjung Kelayang. Mudah-mudahan ombak tidak besar, tapi walaupun ombak besar jangan khawatir karena boat nya cukup tangguh untuk menahan ombak. Kami sangat memperhatikan keselamatan. Untuk itu demi keselamatan anda disediakan Life Jacket (pelampung) yang wajib dipakai selama perjalanan. Juga disediakan cool box berisi minuman Aqua dingin berikut snack kue di pulau nanti. Semua termasuk dalam fasilitas yang disediakan untuk anda. Ada 3 hal menarik jika anda tiba di pulau Lengkuas. Ini adalah pulau yang kecil, kurang dari 1 kilometer persegi. Keunikan pertama adalah mercusuar. Bangunan ini didirikan Belanda pada tahun 1882. Tinggi bangunan kurang lebih 50m dan anda bisa bebas naik ke atas sana. Jangan lupa membawa kamera, karena panorama dari puncak mercusuar tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Biarkan kamera anda yang bercerita. Ini adalah keunikan kedua dari Lengkuas, panorama dari mercusuar yang luar biasa. Baiklah, mari turun, karena kami yakin anda sudah tidak sabar untuk terjun ke air. Ini adalah keunikan ketiga, karena anda bisa berenang di air laut yang jernih, seperti halnya berenang di kolam renang dan hanya dengan berjalan sejauh 100m menyeberang anda akan tiba di pulau kecil berbatu. Malam ini adalah malam terakhir. Kami akan menyiapkan makan malam anda di restoran tradisional seafood di Tanjungpandan atau Tanjung Tinggi. Dan setelah itu kami serahkan kepada anda untuk menikmati malam dan bersantai. pukul 06.00 jika anda menginap di Tanjung Tinggi atau Tanjung Binga karena pesawat pulang ke Jakarta akan berangkat pada tepat pukul 08.00 pagi.


Hari-3 (Minggu, 30 Mei 2010) Makan Pagi

Jika anda mengambil flight pagi, pukul 06.00 sudah harus siap, karena pesawat ke Jakarta akan berangkat tepat jam 08.00 pagi. Dalam perjalanan pulang ke bandara, kami bisa mengajak anda untuk membel oleh-oleh di Galeri KUKM Tanjungpandan. Jika anda mengambil flight sore, anda bisa saja menggunakan waktu untuk bersantai di hotel, membeli oleh-oleh atau bahkan kembali ke pantai-pantai. Pastikan anda sudah check-out dari hotel, karena anda sudah harus berada di bandara pada pukul 14.00, untuk flight sore. Oleh-oleh bisa anda beli di Galeri KUKM di kota Tanjungpandan. Oleh-oleh khas Belitung adalah batu satam, kerajinan kerang, kerupuk, sambal terasi, abon ikan dan dodol.


Biaya: Rp. 3.550.000/orang

Biaya sudah termasuk:

< Tiket pesawat Jakarta-Tanjungpandan pp

< Transportasi AC selama tour di Pulau Belitong

< Hotel 2 malam bintang ***/setara, deluxe twin sharing

< Makan sesuai acara tour

< Tiket obyek wisata

< Sewa kapal untuk tour laut

< Tour Leader dan Pemandu yang berpengalaman

< T-Shirt dan Topi untuk tiap peserta


Kembali/Back

0 komentar:

Poskan Komentar